Translate

Senin, 26 Desember 2011

Nabi melarang meniup makanan yang panas

Inilah Alasan mengapa Nabi kita melarang meniup makanan/minuman yang panas

Sering kali kita diingatkan sama ortu atau guru kita agar kita nggak meniup makanan atau minuman panas yang akan kita makan atau mau kita minum. Lebih baik kita dinginkan saja sejenak, atau bila kita buru buru, tuang minuman ke gelas lain dan begitu seterusnya. jangan ditiup..
terus kenapa emang?? Inilah jawaban ilmiah yang dikemukakan
:
saat kita meniup makanan/minuman panas maka reaksi yang terjadi adalah kita akan mengeluarkan gas CO2 dari dalam mulut. menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam.
H2O + CO2 => H2CO3
nah…., Perlu kita tahu bahwa didalam darah  terdapat H2CO3 yang gunannya  mengatur pH (tingkat keasaman) di dalam darah. Darah adalah Buffer (larutan yang dapat mempertahankan pH) dengan asam lemahnya berupa H2CO3 dan dengan basa konjugasinya berupa HCO3- sehingga darah memiliki pH sebesar 7,35 – 7,45 dengan reaksi sebagai berikut:
CO2 + H20 <= H2CO3 => HCO3- + H+
Tubuh menggunakan penyangga pH (buffer) dalam darah sebagai pelindung terhadap perubahan yang terjadi secara tiba-tiba dalam pH darah. Adanya kelainan pada mekanisme pengendalian pH tersebut, bisa menyebabkan salah satu dari 2 kelainan utama dalam keseimbangan asam basa, yaitu asidosis atau alkalosis.
Asidosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung asam (atau terlalu sedikit mengandung basa) dan sering menyebabkan menurunnya pH darah.
Sedangkan Alkalosis adalah suatu keadaan dimana darah terlalu banyak mengandung basa (atau terlalu sedikit mengandung asam) dan kadang menyebabkan meningkatnya pH darah.
Nah saat  dimana makanan kita tiup, lalu karbondioksida dari mulut kita akan berikatan dengan uap air dari makanan dan menghasilkan asam karbonat yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah kita sehingga akan menyebabkan suatu keadaan dimana darah kita akan menjadi lebih asam dari seharusnya sehingga pH dalam darah menurun, sehingga terjadi ASIDOSIS.
Saat  pH darah menurun, pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih cepat sebagai usaha tubuh untuk menurunkan kelebihan asam dalam darah dengan cara menurunkan jumlah karbon dioksida.
Kemudian, ginjal kita juga berusaha mengkompensasi keadaan tersebut dengan cara mengeluarkan lebih banyak asam dalam air kemih.
Tetapi kedua mekanisme tersebut tidak akan berguna jika tubuh terus menerus menghasilkan terlalu banyak asam (saat kita terus menerus memasukkan makanan/minuman dengan tiupan tadi), sehingga terjadi ASIDOSIS BERAT.
Bila asidosis semakin memburuk, penderita akan mulai merasakan kelelahan yang luar biasa, rasa mengantuk, semakin mual dan mengalami kebingungan. Bila asidosis semakin terus memburuk, tekanan darah dapat turun, menyebabkan syok, koma dan bahkan kematian.     {LINDU AJI}
*dinukil bebas dari : http://www.smartnewz.info/2011/11/hati-hati-bila-meniup-makanan-dan.html
@@@@@@@@@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar