Translate

Sabtu, 28 April 2012

Mohon Kesabaran = Mohon Bencana

Mohon Kesabaran = Mohon Bencana:
Mohon kesabaran artinya mohon agar hati dikuatkan menghadapi bencana. Berarti memohon datangnya bencana. Lalu dalam hal ini bagaimana cara berdoa yang benar? Berdoa agar Allah SWT memberi kita keselamatan dan kemampuan untuk mensyukuri nikmat keselamatan. Yakni: "Ya Allah, aku memohon keselamatan dan syukur atas keselamatan dari-Mu, karena sesungguhnya mensyukuri keselamatan lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana."

Pada suatu ketika Imam Ali Zainal Abidin (sa) melihat seorang yang sedang  bertawaf di Ka'bah sambil berdoa ya Allah aku memohon kesabaran dari-Mu. Lalu beliau menepuk pundak orang itu dan berkata: sesungguhnya kau telah meminta bencana dari Allah Swt. Hendak kamu berdoa: "Ya Allah, aku memohon keselamatan dan syukur atas keselamatan dari-Mu, karena sesungguhnya mensyukuri keselamatan lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana." (Biharul Anwar 92: 285)

Mohon Kesabaran = Mohon Bencana

Mohon Kesabaran = Mohon Bencana:
Mohon kesabaran artinya mohon agar hati dikuatkan menghadapi bencana. Berarti memohon datangnya bencana. Lalu dalam hal ini bagaimana cara berdoa yang benar? Berdoa agar Allah SWT memberi kita keselamatan dan kemampuan untuk mensyukuri nikmat keselamatan. Yakni: "Ya Allah, aku memohon keselamatan dan syukur atas keselamatan dari-Mu, karena sesungguhnya mensyukuri keselamatan lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana."

Pada suatu ketika Imam Ali Zainal Abidin (sa) melihat seorang yang sedang  bertawaf di Ka'bah sambil berdoa ya Allah aku memohon kesabaran dari-Mu. Lalu beliau menepuk pundak orang itu dan berkata: sesungguhnya kau telah meminta bencana dari Allah Swt. Hendak kamu berdoa: "Ya Allah, aku memohon keselamatan dan syukur atas keselamatan dari-Mu, karena sesungguhnya mensyukuri keselamatan lebih baik dari kesabaran menghadapi bencana." (Biharul Anwar 92: 285)

KISAH ABU NAWAS....: Selamatkan Raja dengan Sorban Usang

Selamatkan Raja dengan Sorban Usang: Kisah Abu Nawas, tak ada habisnya untuk diceritkan hingga kapan pun.
Seperti pada kali ini, Kisah Abu Nawas Blog akan mengisahkan sepak terjang, kecerdikan Abu Nawas dalam menyelamatkan rajanya dari rongrongan para pengkhianat.

Selidik punya selidik, ternyata yang telah melakukan pengkhianatan adalah para menteri raja sendiri. Berkata bantuan Abu Nawas yang pandai ini, akhrinya bisa ditemukan juga nama menteri yang telah berkhianat.

Berikut Kisahnya.
Pada suatu hari di kerajaan yang dipimpin oleh Raja Harun Ar-Rasyid telah terjadi huru hara. Rakyatnya tidak lagi mendapat ketenangan seperti biasanya karena telah terjadi penculikan dan pembunuhan yang misterius.

Raja dan para prajuritnya akhirnya mengetahui bahwa huru-hara tersebut bukan datang dari musuh, namun dari dalam istana sendiri yang diotaki oleh para menterinya.
Namun, raja sangat kesulitan untuk mencari siap yang berseongkol terhadap tindakan penculikan dan pembunuhan tersebut karena dia melihat bahwa para menterinya semuanya taat kepadanya.

Dari itu, dipanggillah Abu Nawas yang dikenal memiliki otak yang cerdas.
"Kahir-akhir ini aku gelisah, seolah ada seseorang yang hendak mengkudeta kerajaanku. Apa ada yang salah dengan kepemimpinanku?" tanya raja kepada Abu Nawas.
"Ampun beribu ampun baginda, apa yang bisa hamba lakukan untuk membantu?" tanya Abu Nawas.
"Begini wahai Abu Nawas, berilah cara kepadaku untuk menguji kesetiaan para menteriku," kata raja dengan iming-iming hadiah.
"Baiklah paduka, berilah hamba waktu sehari saja agar bisa memikirkan caranya," ujar Abunawas sambil bernjak meninggalkan rajanya.

Tes Kesetiaan menteri-menteri.
Setibanya di rumah, Abunawas berpikir keras untuk menemukan cara yang terbaik dan jitu. Karena kelelahan, Abu Nawas akhirnya tertidur dengan lelapnya.

Pada keesokan harinya ketika ia hendak shalat subuh,ia menemukan sorban yang berbau tidak sedap. Sorban itu memang telah lama tidak dicuci oleh istrinya. Dari situlah Abunawas menemukan cara jitu untuk menguji kesetiaan para menteri kerajaan.

Setelah shalat subuh, Abu Nawas segera bergegas menuju istana kerjaaan untuk menghadap Raja Harun Ar-Rasyid.
Abu Nawas meminta raja untuk bersandiwara seolah telah memiliki sorban sakti.
Raja Harun seteju dan melakukan apa yang telah diperintahkan oleh Abu Nawas.

Setelah itu, maka dikumpulkanlah kelima menterinya untuk menghadap.
Di hadapan para menteri itu, raj mengatakan bahwa ia telah mendapat hadiah berupa sorbansakti hasil pemberian dari kerajaan lain. Dan salah satu kesaktian sorban itu adalah bisa menentukan masa depan kerajaan di masa yang akan datang.

"Wahai para menteriku, bantulah aku untuk menentukan masa dean negeri ini," titah raja.
"Bagaimana caranya wahai Baginda?" tanya salah seorang menteri.
"Masing-masing dari kalian, coba ciumlah sorban hadiah ini secara bergantian. Apabila berbau wangi, maka kerajaan ini akan abadai. Namun, billa baunya busuk, maka kerajaan ini tidak akan lama lagi akan segera runtuh," jelas raja.

Kehebatan Sorban Usang.
Sesuai dengan perintah raja, para menteri satu persatu memasuki ruangan untuk mencium sorban sakti tersebut. Setelah semuanya telah mendapatkan giliran, maka dikumpulkanlah lagi menteri-menterinya.

"Bagaimana baunya," tanya raja.
"Sorban ini baunya sangat harum, niscaya kerajaan ini akan abadi," jawab menteri pertama.
Menteri kedua dan ketiga menjawab sama dengan menteri pertama. Intinya adalah mereka berusaha untuk membuat rajanya senang.

Giliran menteri keempat dan kelima angkat bicara.
Di luar dugaan, menteri keempat dan kelima ini mengatakan bahwa sorab sakti tersebut baunya busuk dan menyengat hidung.
Mendengar penyataan menteri keempat dan kelima itu, raja kahirnya membuka rahasia bahwa sorban yang dikiranya sakti tersebut adalah milik Abunawas yang sudah usang dan tidak dicuci lama sekali.

Bergetarlah badan dari menteri pertama,kedua dan ketiga.
"Kini aku tahu siapa diantara kalian yang telah berkhianat kepadaku. Kalian telah terbukti berbohong dan kalian pantas untuk masuk penjara," ujar raja Harun.
Menteri pertama,kedua dan ketiga segera ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara.

Kepada menteri keempat dan kelima, Raja Harun memberikan hadiah kepada mereka karena kesetiaan yang telah diberikan. Tak lupa juga, Abu Nawas mendapat agian hadiah yang telah dijanjikan oleh Raja Harun kemarin hari.

Selasa, 10 April 2012

CONTOH NASKAH SOAL UJIAN SEKOLAH (US) PRAKTEK

NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING

SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Senin- Selasa / 9-10 Apri 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.    MATERI KEGIATAN
A.    Ibadah
1.    Melakukan praktek wudlu
    Lakukan bagaimana cara kamu bersuci / mengambil air wudlu berikut do’anya

2.    Melakukan praktek salah satu sholat fardlu
Lakukan bagaimana cara kamu melaksanakan shalat subuh disertai melafadzkan  bacaan dengan suara yang dapat didengar mulai dari niat / takbir sampai dengan salam .
B.    Baca , Hafalan, dan Terjemah Al Qur’an
1.    Membaca Al Qur’an
    Bacalah ayat-ayat Al Qur’an dalam surat-surat di bawah ini :
a.    Surat Al Baqoroh ayat 1 s/d 7
                                                      •                              

2.    Hafal surat Al Qur’an
Ucapkanlah dengan hafal dan tartil berikut terjemahnya surat di bawah ini!
1.    Surt Al-“alaq 1 s/d 5

                                  
1. bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

[1589] Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.



                    Mengetahui                                                            Karangasem,  9 April 2012
                  Kepala Sekolah                                                                    Guru PAI





          DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                   YUHANA, AMa
          Nip. 19620608 198204 1 004                                         Nip. 19550602 198303 2 001




Pengawas PAI
  Pembina Gugus II





  H, MUSTOFA, S.Pd.I
                                            NIP. 19620617 199003 1 001


RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Materi Praktek        :  Wudlu / Tayamum dan sholat
Hari / Tanggal        :  Senin-Selasa / 9-10 April 2012
Waktu                :  07.30 s.d selesai


A.    Wudlu
No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Gerakannya baik dan benar
-  Bacaannya lancar dan fasehah
-  Urutannya tertib
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


B.    Sholat

No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Gerakannya baik dan benar
-  Bacaannya lancar dan fasehah
-  Urutannya tertib
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai













RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
Materi Praktek        :  Membaca dan Hafal Al Quran
Hari / Tanggal        :  Senin-Selasa / 9-10 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   

C.    Membaca
No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  lafal mahkhrajnya benar dan fasehah
-  Tajwidnya benar sesuai dengan hukum bacaannya
-  Membacanya lancar
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


D.    Hafalan dan Terjemahnya

No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  lafal mahkhrajnya benar dan fasehah
-  Tajwidnya benar sesuai dengan hukum bacaannya
-  Hafal dan  lancar
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Nilai Alkhir = A + B + C + D
            4










NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING


SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Rabu / 11 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.    MATERI KEGIATAN
1.    Membaca
    Bacalah wacana di bawah ini dengan baik dan benar !
Jenderal Ahmad Yani Pahlawan revolusi
Dunia militer,sepertinya,memang pilihan hidup Ahmad Yani. Lahir di daerah Jenar,kabupaten Purworejo,Jawa tengah,tahun 1922.Masa kecil dilalui seperti kebanyakan anak-anak di desanya.
Pada masa perjuangan kemerdekaan kemerdekaan, sarana pendidikan masih sangat terbatas. Tapi, bukan berarti kesempatan menjadi pintar tidak ada. Yang utama adalah semangat untuk maju. Semangat itu ada dalam diri Ahmad Yani kecil. Pak sarjo dan Murtini , orang tuanya menyarankan masuk HIS sekolah dasar untuk pribumi.
Setamat dari HIS, kemudian melanjutkan pendidikan  di Magelang dan akhirnya menamatkan pendidikan di Bogor.
Ahmad Yani  masuk AMS di Jakarta. Tapi sebelum tamat ia memutuskan untuk masuk Dinas Militer. Karir militer Ahmad Yanipun dimulai. Begitu lulus, ia langsung bertugas di Magelang.
Selama perjuangan mempertahankan kemerdekaan, Ahmad Yani menjadi salah seorang tokoh militer paling  diandalkan. Berkali-kali berhasil memimpin pasukannya memukul mundur penjajah yang ingin kembali. Ahmad Yani juga yang
ditugaskan saat Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan pemberontakan di Madiun ,tahun 1948.
1.    Menyimak
Simaklah riwayat di bawah ini dengan cermat !

KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW
Pada hari Senin (dinihari) tanggal 12 Rabiu’ul Awwal,bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi,Aminah Binti Wahab melahirkan seorang bayi laki-laki yang sangat tampan.
Setelah bayi itu dimandikan,Aminah memerintahkan pembantunya bernama Barakah untuk menyerahkan bayinya itu kepada Abdul Muthalib,mertuanya. Abdul Muthalib menyambut gembira kelahiran cucunya itu. Ia lalu membawanya ke hadapan Ka’bah. Berdasarkan petunjuk Allah yang diilhamkan kepadanya,Abdul Muthalib menamai cucunya itu Muhammad.
Menurut Ibnu Abbas, kelahiran Muhammah Saw, bertepatan dengan binasanya pasukan gajah Abrahah yang akan mengahancurkan Ka’bah. Karena itu tahun kelahiran Muhammad Saw, dinamai juga tahun gajah.
Abrahah adalah seorang pemuka agama Nasrani. Ia ingin semua orang di Jazirah Arab menganut agama Nasrani.
Abrahah mendirikan gereja yang sangat megah di negeri Yaman. Namun , ia kecewa  karena masyarakat Arab lebih suka berziarah ke Ka’bah di kota Makkah daripada menziarahi gerejanya. Abrahah merasa kesal. Berangkatlah ia bersama pasukan gajahnya menuju kota Makkah untuk menghancurkan Ka’bah. Namun, sebelum mereka berhasil melaksanakan rencananya tersebut, Allah menghujani mereka dengan batu terbakar. Matilah Abrahah bersama pasukan gajahnya.

Pertanyaan
1.    Apa judul riwayat tadi ?
2.    Siapakah nama kakek Nabi Muhammad ?
3.    Tanggal berapa nabi Muhammah dlahirkan ?
4.    mengapa tahun kelahiran Nabi Muhammah di sebut gajah ?
5.    Siapa nama raja yang berkuasa pada waktu itu ?
2.    Berbicara / puisi
Ekspresikan puisi di bawah ini !

                     IBU
Ibu
            Engkau matahariku
Yang selalu menyinari hidupku
Bagai cahaya terang menuntun langkahku
Ibu
Engkau bumiku
Tempatku berpijak menyiapkan langkah
Tempatku bersandar di kala takut dan sedih
Oh ibu
Betapa aku sayang padamu
Pengorbananmu tidak akan kulupakan

3.    Menulis
Isilah daftar riwayat hidup dibawah ini dengan benar !
Daftar Riwayat Hidup
Nama            :
Tempat,tanggal lahir    :
Jenis Kelamin        :
Agama            :
Alamat            :
Nama orang tua        :
a.    Ayah        :
b.    Ibu        :
Alamat oarng tua        :
Pekerjaan oarng tua    :
a.    Ayah        :
b.    Ibu        :
Riwayat pendidikan    :
SD tamat tahun    :
Kegemaran        :
                   Prestasi            :    1.
                                                                 2.

III.    TEKNIK PELAKSANAAN
1.    Membaca
a.    Membaca dilaksanaan perorangan secara bergiliran.
b.    Ketika membaca perlu diperhatikan lafal, intonasi, tekanan, tekanan kata atau kalimat dan kelancaran membaca.
2.    Menyimak
a.    Bahan simakan (wacana) diperdengarkan kepada siswa melalui perwakilan siswa.
b.    Pemahaman terhadap bahan /wacana yang disimaknya diuji dengan kemampuan menjawab pertanyaan tentang bacaan secara tertulis.
c.    Dalam menulis jawaban perlu diperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan (ejaan dan tanda baca)
3.    Berbicara
a.    Membaca puisi dilaksanakan perorangan secara bergiliran
b.    Ketika membaca puisi perlu dipehatikan kelancaran (tidak terbata-bata),intonasi dan ekspresi (penjiwaan).
4.    Menulis
a.    Menulis dilaksanaan secara perorangan dalam waktu yang bersamaan dengan mengisi format riwayat hidup sendiri secara tepat dan benar.
b.    Dalam menulis perlu dperhatikan kaidah EYD dan kerapihan tulisan

                       Mengetahui                                                           Karangasem, 11 April 2012
              Kepala Sekolah                                                               Guru Kelas VI



DIDING JAELUDIN, S.Pd.                            CASMAD
     NIP. 19620608 198204 1 004            NIP. 19680403 200701 1 014   




Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs, LUKMAN, M.MPd.
 NIP. 19610322 198204 1 003

RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Indonesia
Materi Praktek        :  Membaca dan Menyimak
Hari / Tanggal        :  Rabu / 11 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai       

Membaca
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Intonasinya baik
-  Lafal / pengucapan kata demi kata tepat
-  Tekanan pada kata / kalimat baik dan benar
-  Membacanya lancar
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Menyimak
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
2    81 - 90      -  Empat dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
3    71 – 80     - Tiga dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
4    61 - 70     -  Dua dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
5    51 - 60      -  Satu dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
6    50      -  Dari lima pertanyaan tidak ada jawaban yang tepat




RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Indonesia
Materi Praktek        :  Berbicara dan Menulis
Hari / Tanggal        :  Rabu / 11 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   

Bebicara   
No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Berekspresi sesuai dengan judul puisi (materi)
-  Intonasinya tepat sesuai dengan materi
-  Membacaya lancar dan benar
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Menulis

No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Mengisi format tepat dan benar
-  penggunaan kaidah EYD (tanda baca dan ejaan) tepat dan benar
-  Tulisan rapi dan bersih
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai














NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING

SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Kamis / 12 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !
II.   MATERI KEGIATAN
Pilihlah salah satu konsep pembelajaran di bawah ini , kemudian lakukanlah kegiatan percobaan di depan kelas !
1.    Air
Konsep    :  Air mempunyai sifat – sifat tertentu dan banyak kegunaannya.
Sub konsep    :  a.  Air dapat melarutkan berbagai zat
                           b.  Air meresap melalui celah – celah kecil
2.    Udara
    Konsep    :  Udara mempunyai sifat-sifat tertentu dan banyak kegunaannya
    Sub konsep    :  a.  Udara mempunyai berat
                                 b. Udara menempati ruang                     
3.    Magnet
    Konsep    :  Magnet terdiri atas magnet alam magnet buatan
               Magnet mempunyai banyak kegunaan
    Sub Konsep    :  Besi dan baja dapat dibuat menjadi magnet
               Magnet dibuat dengan induksi, gosokan dan aliran listrik.
1.    Listrik
Konsep     :  Listrik
Sub Konsep    :  Arus listrik dapat mengalir melalui benda-benda tertentu
           Arus listrik dalam rangkaian tertutup dapat menyalakan lampu
PAKET PERTANYAAN MATERI :
A.  Air
1.    Sebutkan minimal 2 macam sifat air !
2.    Sebutkan manfaat air dalam kehidufan sehari-hari !
3.    Sebutkan minimal 2 macam benda yang larut dalam air !
4.    Mengapa air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup ?
           
B.    Udara
1.    Sebutkan minimal 2 macam sifat udara !
2.    Mengapa ikan  bisa hidup dalam air ?
3.    Apa yang terjadi jika balon yang diberi udara ditimbang dengan balon yang tidak diberi udara ?
4.    Mengapa demikian ?
5.     Mengapa balon yang berisi udara jika disimpan ditempat yang panas bias meletus ?
            C.   Magnet

1.    Sebutkan 2 sifat-sifat magnet     !
2.    Benda apa saja yang dapat dibuat menjadi magnet ?
3.    Sebutkan cara-cara membuat magnet !
4.    Dengan cara bagaimanakah menghilangkan sifat kemagnetan ?
5.    Sebutkan salah satu manfaat dalam magnet dalam kehidupan sehari-hari ?

D.  Listrik
1.    Apa bedanya konduktor dengan isolator ?
2..    Sebutkan 3 bahan yang termasuk konduktor !
3.    Sebutkan 3 bahan yang termasuk isolator !
4.    Sebukan 2 kutub pada listrik ?
5.    Sebutkan 2 manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari !

III.    TEKNIK PELAKSANAAN
1.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.    Penilaian terdiri dari penilaian perorangan
3.    Penilaian perorangan,setiap siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan secara lisan
4.    Siswa memilih dari 4 konsep dengan cara mengambil nomor.
5.    Siswa memperagakan salah satu konsep di depan penguji
6.    Setelah selesai percobaan,siswa membereskan kembali alat yang telah dipergunakannya ke tempat semula.


Mengetahui                                                     Karangasem, 12 April 2012
   Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas VI

   
                    
DIDING JAELUDIN, S.Pd.                              CASMAD
   NIP. 19620608 198204 1 004                   NIP. 19680403 200701 1 014   




Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs. LUKMAN, M.M.Pd.
 NIP. 19610322 198204 1 003



















RUBRIK SCORE
    Mata Pelajaran        :  Ilmu Pengetahuan Alam
    Materi Praktek        :  Perorangan
    Hari / Tanggal        :  Kamis / 12 April 2012
    Waktu                           :  07.30 s.d selesai       

   Demontrasi
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Pemilihan alat / bahan sesuai dengan konsep /materi yang dipilih.
-  Trampil dan tepat dalam menggunakan alat / bahan
-  Tepat dalam membuat /menarik kesimpulan
2    81 - 90      -  Tidak menguasai/ memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    71 – 80     - Tidak menguasai/ memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70     -  Tidak menguasai/ memenuhi tiga dari ketiga syarat aspek yang dinilai




Tanya jawab
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Lima pertanyaan dapat dijawab tepat
2    81 - 90      -  Empat dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat
3    71 – 80     - Tiga dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat
4    61 - 70     -  Dua dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat
5    51 - 60      -  Satu dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat
6    50      -  Dari lima pertanyaan tidak ada jawaban yang tepat







NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING

SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Jum’at / 13 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.   MATERI KEGIATAN
1.    Reading
Read the fllowing text cerefully !
( bacalah teks berikut ini dengan seksama )

Going to the Ragunan zoo

Mr. and  Mrs Anwar havy two children. They are Tono and Sinta. Last Sunday the went to the Ragunan Zoo. It is in South Jakarta.
There are many animals there. There are lions ,elephants , crocodiles , bird ,snakes , and others. Tono gave some bananas and peanuts to the monkeys.

2.    Listening
Simak dan tuliskan kata – kata yang diucapkan penguji !
1.    B – A – N – A – N – A                      =  BANANA
2.    C – A – R – R – O – T                   =  CARROT
3.    A – M – B – U – L – A – N – C – E      =  AMBULANCE
4.    F – A – R  – M – E – R            =  FARMER
5.    H – O –S – F – I – T – A – L         =  HOSFITAL

3.    Speaking
Jawablah pertanyaan penguji secara lisan dengan menggunakan Bahasa Inggris !
          Pertanyaan                                                              Jawaban
1.  Hello,good morning.                1.  Hello,good morning
2.  What is your name ?                2.  My name is ………
3.  Where do you live ?                3.  I live in …………...
4.  What is yaour hobby ?                4.  My hobby is ……..
5.  What are yau doing ?                5.  I am ………………

4.    Writing
Susunlah kata acak berikut ini menjadi sebuah kalimat benar !
( mulai dengan kata yang dicetak tebal )
1.    you – where – do – live ?
2.    hobby – dancing – is – my .
3.    favourite – your – what – is
4.    two – has – seasons  – Indonesia .
5.    the – door – open !

IV.    TEKNIK PELAKSANAAN
1.    Reading ( membaca )
a.    Membaca dilaksanakan perorangan secara bergiliran.
b.    Ketika membaca perlu diperhatikan lafal / pengucapan,intonasi,dan     kelancaran membaca.
2.    Listening (Menyimak)
a.    Bahan simakan ( wacana ) diperdengarkan kepada siswa melalui kaset atau suara penguji.
b.    Pemahaman terhadap bahan / kata-kata yang disimaknya diuji dengan kemampuan menulis kata-kata yang didiktekan penguji dengan benar.
3.    Spekaing (Berbicara)
a.    Berbicara / atau bercakap-cakap dilaksanakan  perorangan secara bergiliran
b.    Kemampuan berbicara diuji dengan menjawab pertanyaan penguji secara lengkap dan benar serta lancer.
4.    Writing ( menulis )
a. Menulis dilaksanakan secara perorangan dalam waktu yang bersamaan.
b. Kemampuan menulis diuji dengan menyusun kata-kata acak menjadi
    kalimat yang benar.


Mengetahui                                                     Karangasem, 13 April 2012
   Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas VI

   
                    
DIDING JAELUDIN, S.Pd.                              CASMAD
   NIP. 19620608 198204 1 004                   NIP. 19680403 200701 1 014   




Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs. LUKMAN, M.M.Pd.
 NIP. 19610322 198204 1 003

















RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Inggris
Materi Praktek        :  Reading dan Listening
Hari / Tanggal        :  Sabtu / 14 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai       

Reading (Membaca)
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Intonasinya baik
-  Lafal / pengucapan kata demi kata tepat
-  Tekanan pada kata / kalimat baik dan benar
-  Membacanya lancar
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Listening (Menyimak)
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
2    81 - 90      -  Empat dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
3    71 – 80     - Tiga dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
4    61 - 70     -  Dua dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
5    51 - 60      -  Satu dari lima pertanyaan dapat dijawab tepat dan disertai penggunaan kaidah kebahasaan baik dan benar
6    50      -  Dari lima pertanyaan tidak ada jawaban yang tepat




RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Inggris
Materi Praktek        :  Speaking and Writing
Hari / Tanggal        :  Sabtu / 14 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   

Speaing (Bebicara    )
No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Berekspresi sesuai dengan judul puisi (materi)
-  Intonasinya tepat sesuai dengan materi
-  Membacaya lancar dan benar
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


  Writing (Menulis)

No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Mengisi format tepat dan benar
-  penggunaan kaidah EYD (tanda baca dan ejaan) tepat dan benar
-  Tulisan rapi dan bersih
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai














NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING

SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Sabtu / 14 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.   MATERI KEGIATAN
2.    Seni Rupa
Gambarlah salah satu tugas di bawah ini :
a.    Bangunan Sekolah
b.    Bunga dengan potnya
c.    Pemandangan alam
Alat dan bahan yang bisa digunakan :
-    Kertas gambar,pensil,penggaris,pensil warna / krayon/spidol.

3.    Seni Suara
Nyanyikan salah satu lagu wajib dan lagu pilihan di bawah ini !
1.    Lagu wajib    :  Lagu  “Indonesia Raya” ,Ciptaan : W.R Supratman
2.    Lagu pilihan    :  -  Indonesia Pusaka
                                       -  Satu Nusa Satu Bangsa
                                       -  Berkibarlah Benderaku
4.    Seni Musik
-    Memainkan salah satu alat musik : piano , pianika ,recorder , seruling .
5.    Kerajinan Tangan
a.    Perorangan :
    Membuat salah satu hasta karya dari barang bekas :
1.    Bunga dari sedotan minuman
2.    Mainan / hiasan dari kaleng bekas
3.    Lap makan dari kain
b.    Kelompok :
    Membuat salah satu barang kerajinan tangan dari bahan bambu :
1.    Tempat sampah
2.    Rak buku
3.    Rak sepatu

III.    TEKNIK PELAKSANAAN
1.    Seni Rupa
a.    Setiap siswa menggambar dengan memilih salah satu judul / tema gambar yang tersedia secara bebas dan dilaksanakan secra bersamaan .
b.    Setiap siswa membawa bahan dan alat-masing – masing, kecuali kertas disediakan dan di cap oleh sekolah
c.    Dalam menggambar perlu diperhatikan keserasian bentuk, keindahan dan komposisi warna.
2.    Seni Suara
a.    Setiap siswa menyanyikan lagu wajib ( Indonesia Raya ) dan salah satu lagu wajib nasional secara bergiliran.
b.     Di dalam menyanyi / membawakan lagu ,yang perlu diperhatikan : Vocal,birama/ketukan,ekspresi dan penguasaan lagu.
3.    Kerajinan Tangan
a.    Tugas perorangan ;
1.    Sebelum hari pelaksanaan praktek , siswa diberi tugas untuk membuat hasta karya dengan cara memilih bentuk hasta karya yang tersedia secara bebas.
2.    Bahan alat  bawa sendiri.
3.    Tugas pekerjaan 50 % dikerjakan di rumah , 50 % dikerjakan di sekolah.
b.    Tugas Kelompok
1.    sebelum hari pelaksanaan praktek,siswa diberi tugas untuk membuat barang kerajinan tangan dengan cara memilih bentuk kerajinan tangan yang tersedia secara bebas.
2.    bahan dan alat bawa sendiri ( kelompok )
3.    Tugas pekerjaan 50 % dikerjakan di rumah , 50 % dikerjakan di sekolah.


Mengetahui                                                     Karangasem, 14 April 2012
   Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas VI

   
                    
DIDING JAELUDIN, S.Pd.                              CASMAD
   NIP. 19620608 198204 1 004                   NIP. 19680403 200701 1 014   




Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs. LUKMAN, M.M.Pd.
 NIP. 19610322 198204 1 003































RUBRIK SCORE

                                    Mata Pelajaran    :  Seni Budaya dan Keterampilan
                                    Materi Praktek        :  Seni Rupa dan Seni Musik
                                    Hari / Tamnggal     :  Sabtu / 14 April 2012
                                    Waktu            :  07.30 s.d selesai
   

    Seni Rupa
No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Bentuk gambar serasi
-  Terlihat indah dan menarik
-  Komposisi warna bagus
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Seni Suara

No    Nilai    Kriteria
1    91 - 100    -  Penguasaan lagu bagus
-  Vokal suara baik dan nyaring
-  Birama / ketukan baik dan beraturan
-  Ekspresi wajah / mimik serasi dengan lagu yang dibawakan
2    81 - 90      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat aspek yang dinilai
3    71- 80     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70     -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -   Tidakmenguasai / memenuhi seluruh aspek yang dinilai







RUBRIK SCORE

                                    Mata Pelajaran    :  Seni Budaya dan Keterampilan
                                    Materi Praktek        :  Keterampilan
                                    Hari / Tamnggal     :  Sabtu / 14 April 2012
                                    Waktu            :  07.30 s.d selesai
       

  Tugas Perorangan

No    Nilai    Kriteria
1    86 - 100    -  Hasilnya rapi,indah dan menarik
-  Bentuk dan ukuran serasi
-  Ketepatan penggunaan bahan dan alat
2    71 - 85      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat aspek yang dinilai
3    61 - 70     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 - 60     -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


  Tugas Kelompok

No    Nilai    Kriteria
1    91 - 100    -  Kekompakan / kerja sama yang baik
-  Hasilnya rapi , indah ukuran serasi
-  Bentuk dan ukura serasi
-  Ketepatan penggunaan bahan dan alat
2    81 - 90      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat aspek yang dinilai
3    71- 80     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70     -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -   Tidak menguasai / memenuhi seluruh aspek yang dinilai








NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING


SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Bahasa Sunda
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Senin / 23 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.   MATERI KEGIATAN
1    Membaca
    Baca ku hidep wacana di handap sing lancar jeung bener !
POE LEBARAN
Poe Lebaran teh sok disebut oge Idul Fitri.Lebaran teh poe nu kacida dianti-antina. Ku barudak ,sok dipake kasempatan keur paginding-ginding, mamerkeun baju anyar.
Sababaraha poe saacan lebaran, geus katara kumaha pahibutna kolot budak. Malahan, urang lembunr nu sok biasa ngumbara di kota atawa nu rajen nyaba ka dayeuh sejen, harita mah baralik. Biasana teh hayang lebaran di lembur sorangan.
Dina poe lebaran, solat Idul Fitri sok diayakeun di mana-mana,utamana ,mah di lapang nu lega. Kitu oge lamun kabeneran henteu hujan, da ari di kota – kota gede mah loba nu dilaksanakeun di masigit gede, nu biasana aya di puseur kota.
Sarengsena ngalaksanakeun solat Idul Fitri, kolot budak,awewe lalaki sasalaman. Harita mah silih hampura,silih lubarkeun kasalahan.Komo deui barudak menta hampura ka kolotna, nu ngora menta hampura ka nu leuwih kolot. Kabiasaan kawas kitu teh estuning numuwuhkeun silih pikanyaah jeung sasama.

                                                         ( Dicutat tina Buku “ Pangrumat Basa Sunda kelas VI”                                                                                                                       
                                                                                            Kaluaran  ERLANGGA )

2.    Menyimak   
    Regepkeun carita nu dibacakeun ku penguji,tuluy caritakeun ku basa sorangan !

MANGFAAT LUKUT

Lukut kaasup tutuwuhan nu bisa nyieun atawa ngolah kadaharan sorangan. Lukut bisa nguntungkeun kahirupan manusa jeung tutuwuhan sejenna. Lukut oge bisa diproses pikeun lumangsungna hiji kahirupan mahluk di alam dunya. Lukut bisa mantuan ngancurkeun naon wae nu geus teu dibuthkeun deui ku alam.
Lukut oge bisa ngarugikeun, lamun lukut jadi dina tembok atawa wangunan. Salian ti matak ngaganggu kaendahan, bisa nyababkeun tembok jadi rusak atawa bobo. Salah sahiji sipat lukut the nyerep cai.. Balukarna tembok nu loba nyerep cai nakal gancang bobo. Lila – lila bisa jadi ancur. Rugina teu sabaraha lamun dibandingkeun jeung untungna mah.
Lukut ukuranana pendek. Jangkungna moal leuwih ti lima sentimter. Lukut teh aya dua rupa, nyaeta lukut daun jeung lukut kerak. Lukut daun hirupna dina dahan tatangkalan. Ari lukut kerak hirupna dina luhur batu.
Lukut teh rupana lain hejo wungkul. Aya oge nu rupana abu – abu. Ngan nu mindeng kapanggih ku urang mah rereana lukut hejo. Ku kituna aya warna hejo lukut.
Dibandingkeun jeung lukut daun,lukut kerak mah leuwih loba mangfaatna. Lukut kerak bisa dipake campuran ramuan jajamu atawa ubar tradisional sejenna. Geuningan tutuwuhan nu sakitu leutikna jiga lukut oge ngabogaan mangfaatna.

                                  ( Dicutat tina buku “PANGRUMAT BASA SUNDA
                                Kelas VI, Kaluaran ERLANGGA )

3.    Menulis ( nulis )
    Jieun naskah biantara Basa Sunda kalayan milih salah sahiji tema di handap ieu !

1.    Maulud Nabi
2.    Tepung taun ( ulang taun )
3.    Perayaan Proklamasi
4.    Samen ( kenaikan kelas )

4.    Berbicara   
    Pek praktekkeun biantara tadi ( nu ku hidep dijieun ) di hareupeun penguji kalayan henteu maca naskah !

III.    TEKNIK PELAKSANAAN

1.    Membaca
    a.    Membaca dilaksanakan  perorangan secara bergiliran
    b.    Ketika membaca perlu diperhatikan lafal / pengucapan,intonasi ,tekanan kata  atau kalimat dan kelancaran membaca.
2.    menyimak
a.    Bahan simakan atau wacana diperdengarkan kepada siswa melalui kaset atau suara penguji.
b.    Siswa menceritakn kembali wacana yang disimaknya secara tertulis dengan menggunakan bahasa sendiri dalam waktu yang bersamaan.
c.    dalam menulis perlu diperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan ( ejaan dan tanda baca ) kerapihan tulisan dan kesesuaian isi cerita dengan cerita yang disimaknya.
3.    Menulis
a.    Mengarang naskah pidato dilaksanakan seca perorangan dalam waktu yang bersamaan denga tema yang dipilih siswa secara bebas.
b.    Dalam menulis naskah pidato perlu diperhatikan ejaan,tanda baca,kerapihan tulisan,serta kesesuaian isi pidato dengan tema yang dipilih    .
4.    Berbicara
a.    Berpidato dilaksankan secara perorangan secara bergiliran
b.    Berpidato dilaksanakan tanpa membaca naskah / teks pidato
c.    Isi pidato sesuai dengan isi naskah pidato yang telah ditulisnya
d.    Ketika berpidato perlu diperhatikan kelancaran ( tidak terbata-bata ), intonasi,pengucapan / pelapalan , danekspresi ( penjiwaan ).



   Mengetahui                                                         Karangasem, 23 April 2012
Kepala Sekolah                                                               Guru Kelas VI



DIDING JAELUDIN, S.Pd.                            CASMAD
   NIP. 19620608 198204 1 004                 NIP. 19680403 200701 1 014   



Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs. LUKMAN, M.M.Pd.
 NIP. 19610322 198204 1 003
RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Sunda
Materi Praktek        :  Membaca dan Menyimak
Hari / Tanggal        :  Senin / 23 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai       

Membaca
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Dapat membaca denga intonasi yang  lancar
-  Lafal / pengucapan kata demi kata tepat
-  Pegucapan fonem khusus Bahasa Sunda benar
-  Membacanya lancar
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Menyimak
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Dapat menceritakan kembali cerita yang disimaknya dengan menggunakan bahasa sendiri
-  Penggunaan kaidah kebahasaan benar
-  Penulisan fonem Bahasa Sunda benar
-  Tulisa rapid an bersih  
2    81 - 90     -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai



RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Bahasa Sunda
Materi Praktek        :  Berbicara dan Menulis
Hari / Tanggal        :  Senin / 23 April 2012
Waktu                        :  07.30 s.d selesai       

Membaca
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Dapat berbicara / berpidato dengan intonasi yang  lancar
-  Lafal / pengucapan kata demi kata tepat
-  Pegucapan fonem khusus Bahasa Sunda benar
-  Ekspresi sesuai dengan kalimat yang dibacakan
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat    aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai


Menyimak
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Isi karangan sesuai dengan tema
-  Penggunaan tanda baca dan ejaanbenar
-  Penulisan fonem Bahasa Sunda benar
-  Tulisa rapid an bersih  
2    81 - 90     -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai




                     NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING


SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Penjaskes
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Selasa / 24 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat !
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !

II.    MATERI KEGIATAN
1.    Atletik
Melakukan :
a.    Lari jarak pendek / Sprint ( pa :80 m, pi:60 m)
b.    Lompat jauh ( menggunakan gaya jongkok dengan awalan )

2.    Permainan bola besar “ Bola Volly“

3.    Senam Berirama “ Senam Sehat Indonesia”

III.    TEKNIK PELAKSANAAN

1.    Atletik
a.    Lari Sprint
    (1)    Setiap siswa melakukan lari sprint dengan jarak ,putra 80 meterdan putri 60
        Meter.
(2)    Dalam melakukan lari yang perlu diperhatikan adalah : sikap start,koordinasi gerak kaki dan tangan,kecepatan berlari (waktu )dan finish.
b.    Lompat jauh
(1)    Setiap siswa melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok dengan awalan secara bergiliran.
(2)    dalam melakukan lompat,yang perlu diperhatikan : awalan,tolakan,sikap melayang dan sikap mendarat

2.    Permainan Bola Besar “Bola Volly”
(1)    Setiap siswa bergiliran melakukan service, passing atas dan passing bawah dalam permainan volley.
(2)    Dalam permainan volley yang perlu diperhatikan : penerimaan bola dari atas,penerimaan bola dari bawah,dan ketepatan bola ke sasaran dalam service.
3.    Senam Berirama
a.    Siswa dibagi beberapa kelompok
b.    Pelaksanaan senam dilakukan berkelompok secara bergiliran,tetapi penilaian secara perorangan
c.    Dalam melakukan senam,yang perlu diperhatikan adalah : keserasian gerak dengan irama,urutan gerakan,kesungguhan dan keseragaman pakaian



                 Mengetahui                Karangasem,  24  April 2012
              Kepala Sekolah                                                    Guru Penjaskes



DIDING JAELUDIN, S.Pd.                       AEF SAEPUL BAHRI, S.Pd
     NIP. 19620608 198204 1 004           




Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs, LUKMAN, M.MPd.
 NIP. 19610322 198204 1 003


RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Penjaskes
Materi Praktek        :  Atletik
Hari / Tanggal        :  Selasa / 24 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   

Lari Sprint
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Sikap start baik dan benar
-  Koordinasi gerak kaki dan tangan dalam berlari baik dan benar
-  kecepatan dalam berlari
-  Melaksanakan finish dengan baik dan benar
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai

Lompat Jauh Gaya Jongkok
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Melakukan awalan dengan baik dan benar
-  Melakukan tolakan dengan baik dan benar
-  Sikap melayang dalam melakukan lompat baik dan benar
-  Sikap mendarat baik dan benar
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai




RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Penjaskes
Materi Praktek        :  Bola Volly dan Senam berimara
Hari / Tanggal        :  Selasa / 24 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   

Bolla Volly
No    Nilai    Kriteria
1    86 -100    -  Melakukan service dengan baik dan benar
-  Melakukan pasing atas demngan baik dan benar
-  Melakukan passing bawah dengan baik dan benar
    71 - 85    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari ketiga syarat        aspek yang dinilai
3    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari ketiga syarat aspek yang dinilai
4    51 – 60    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari ketigat syarat aspek yang dinilai

RUBRIK SCORE
Mata Pelajaran        :  Penjaskes
Materi Praktek        :  Senam Berirama
Hari / Tanggal        :  Selasa / 24 April 2012
Waktu                    :  07.30 s.d selesai   
Senam Berirama
No    Nilai    Kriteria
1    91 -100    -  Keserasian gerak dan irama tepat
-  Urutan gerakan baik dan benar
-  Kesungguhan melakukan senam baik
-  keseragaman pakaian
2    81 - 90    - Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat        aspek yang dinilai
3    71 – 80    -  Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70    -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -  Tidak menguasai / memenuhi seluruh syarat aspek yang dinilai

                     NASKAH SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING


SD Negeri        :  SDN Karangasem I
Mata Pelajaran        :  Agribisnis
Kelas / Semester        :  VI / II
Hari / Tanggal        :  Rabu / 25 April 2012
Waktu            :  07.30 s.d selesai

I.    PETUNJUK UMUM
1.    Bacalah petunjuk dengan cermat
2.    Isilah terlebih dahulu daftar hadir yang telah disediakan !
3.    Kerjakanlah semua kegiatan di bawah ini dengan baik dan benar !
4.    Laksanakanlah sesuai dengan yang diperintahkan penguji !
5.    Berdoalah sebelum dan ssudah melaksanakan kegiatan !
6.    Apabila telah selesai dari satu penguji,hubungi penguji lainnya !
7.    Bersikaplah sopan terhadap penguji !


II.    MATERI KEGIATAN
Pilih salah satu kegiatan praktek di bawah ini!
1.    Membuat kripik singkong
2.    Membuat telur asin
3.    Membuat pecel lele

III.    TEKNIK PELAKSANAAN
1.    Siswa dibagi beberapa kelompok
2.    Pelaksanaan praktek dilaksanakan secara berkelompok , tetapi penilaian secara perorangan.
3.    Tiap-tiap kelompok mempraktekan materi praktek sesuai pilihannya, dari awal sampai selesai.


IV.    ASPEK DAN KRITERIA PENILAIAN

No    Nilai    Kriteria
1    91 - 100    -  Kekompakan kerja sama yang baik
-  Keaktifan siswa dalam kelompok-
-  Ketepatan penggunaan bahan dan alat
-  Hasil ( bentuk, kebersihan , rasa )
2    81 - 90      -  Tidak menguasai / memenuhi salah satu dari keempat syarat aspek yang dinilai
3    71- 80     - Tidak menguasai / memenuhi dua dari keempat syarat aspek yang dinilai
4    61 - 70     -  Tidak menguasai / memenuhi tiga dari keempat syarat aspek yang dinilai
5    51 - 60    -   Tidak menguasai / memenuhi seluruh aspek yang dinilai

                 Mengetahui                Karangasem,  25  April 2012
              Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas VI



DIDING JAELUDIN, S.Pd.                              CASMAD
   NIP. 19620608 198204 1 004                   NIP. 19680403 200701 1 014   





Pengawas Tk /SD
Pembina Gugus II





   Drs, LUKMAN, M.MPd.
 NIP. 19610322 198204 1 003







LEMBAR PENGAMATAN / PENILAIAN
Mata Pelajaran    :  --------------------------------------------------
Materi Praktek    :  --------------------------------------------------
Hari / Tanggal    :  --------------------------------------------------
Waktu        :  --------------------------------------------------


No
Urut    Nomor
Peserta    Aspek yang dinilai    Jumlah
Skor    Nilai
Akhir    Ket
        1    2    3    4    5           
1    21-315-001-8                                Aspek yg dinilai
2    21-315-002-7                                1.
3    21-315-003-6                                2.
4    21-315-004-5                                3.
5    21-315-005-4                                4.
6    21-315-006-3                                5.
7    21-315-007-2                               
8    21-315-008-9                               
9    21-315-009-8                               
10    21-315-010-7                               
11    21-315-011-6                               
12    21-315-012-5                               
13    21-315-013-4                               
14    21-315-014-3                               
15    21-315-015-2                               
16    21-315-016-9                               
17    21-315-017-8                               
18    21-315-018-7                               
19    21-315-019-6                               
20    21-315-020-5                               
21    21-315-021-4                               
22    21-315-022-3                               
23    21-315-023-2                               
24    21-315-024-9                               
                                   
                                   
                                   
                                   



                                                                                      Karangasem,        April 2012
                                                                                                      Penguji

                                                                                   ..................................................
                                                                                  NIP.                 



REKAP NILAI PRAKTEK
                              Mata Pelajaran : ………………………….
No Urut    Nomor
Peserta    Kemampuan yang dinilai    Jumlah
Skor    Nilai
Akhir    Keterangan
        1    2    3    4           
1    21-315-001-8                            1.
2    21-315-002-7                            2.
3    21-315-003-6                            3.
4    21-315-004-5                            4.
5    21-315-005-4                           
6    21-315-006-3                           
7    21-315-007-2                           
8    21-315-008-9                           
9    21-315-009-8                           
10    21-315-010-7                           
11    21-315-011-6                           
12    21-315-012-5                           
13    21-315-013-4                           
14    21-315-014-3                           
15    21-315-015-2                           
16    21-315-016-9                           
17    21-315-017-8                           
18    21-315-018-7                           
19    21-315-019-6                           
20    21-315-020-5                           
21    21-315-021-4                           
22    21-315-022-3                           
23    21-315-023-2                           
24    21-315-024-9                           
                                                        
                                                                                          Karangasem,    April 2012
                                                                                                      Penguji

                                                                                       _______________________
                                                                                          NIP.